Verifikasi, Memastikan Keberadaan Honorer

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Kota Batam, saat melakukan verifikasi terhadap Tenaga Honorer Daerah (THD) atau pegawai tidak tetap (PTT). Salah satu tujuan verifikasi dilakukan untuk memastikan nama tertera benar-benar bekerja di instansi yang ada.

Kepala Badan Kepegawaian ‎Daerah (BKD) Batam, HM Syahir mengatakan, verifikasi dilakukan untuk memastikan namanya tercatat sebagai pegawai, namun sudah tidak bekerja lagi.

“Jadi untuk memastikan, siapa tau ada honorer yang sudah bekerja di perbankan, polisi atau ada yang sudah jadi CPNS,”ujar Syahir, Senin (1/2).

Ia menjelaskan, hari ini merupakan terakhir dilakukan verifikasi dan tinggal Dinas Pendidikan untuk mendata semua guru yang ada.

Ia mengakui, verifikasi data dilakukan untuk memperjelas status dan keberadaan pegawai dimaksud. Dimana dari hasil verifikasi yang sudah berjalan, ada yang masih terdaftar pegawai, tapi sudah tidak menjalankan tugasnya. Dimana, mereka ada yang sudah jadi PNS, hingga kerja ditempat lain.

“Kita verifikasi, agar jangan sampai masih tercatat, tapi sudah tidak ada orangnya. Verifikasi masih berjalan. Tapi sudah ada beberapa orang yang harus dicoret. Karena ada lulus CPNS. Ada kerja diperbankan, polisi dan lain,” ungkap Syahir.

Diingatkan, dampak dari verifikasi saat ini juga diakui, bisa pada pengurangan tenaga PTT. Dengan sistem yang banyak diterapkan di SKPD dengan tehnologi informasi, maka kebutuhan pegawai juga berkurang.

“Kan kerja sekarang sudah IT, bukan manual. Makanya diverifikasi. Apakah bidang tertentu, masih kebutuhan atau tidak,” sambungnya.‎

Terkait dengan para PTT yang diangkat Kadis-Kadis di lingkungan Pemko Batam itu, apakah akan diakomodir atau tidak, belum diketahui. Alasannya, keputusan nanti ada ditangan Wali Kota Batam.

“Soal apa diangkat nanti jadi pegawai, itu tergantung nanti,” imbuh Syahir.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, setelah verifikasi, tidak ada lagi penambahan honorer di Batam. “Honorer empat ribuan lebih, sebanyak itu, melebihi PNS. Tidak ada kata lain, honorer akan kita seleksi juga. Karena jumlahnya sangat banyak. Ketua tim seleksi, Sekda dibantu kepala BKD,” tegas Rudi.(SM)

Redaksi

Read Previous

Ormas Batam Beri Dukungan Jihat Lawan Terorisme

Read Next

Tiga Pulau Hinterland Dibangun Pelabuhan Pengumpan