Legislator : DK Batam Harapkan Mampu Tingkatkan Investasi

Batam, IsuKepri.com – Pemberlakukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam diharapkan mampu meningkatkan iklim invesatasi. Hal ini disampaikan anggota Komisi II DPRD Kepulauan Riau, Asmin Patros pada seminar ekonomi yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STT Ibnu Sina Batam bersama Lembaga Study Kawasan Perbatasan dan Pembangunan Kepri (LSKP2K), Kamis lalu.

“Batam harus siap hadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016 ini. Oleh karenanya, keran investasi harus dapat ditingkatkan,” katanya.

Asmin mengatakan bahwa Dewan Kawasan (DK) dibentuk karena telah terjadi perlambatan pertumbuhan perekonomian di Batam.

“Batam sebagai kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas, telah mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi. Oleh karenanya, keberadaan Dewan Kawasan diharapkan mampu memgairahkan kembali iklim investasi Batam,” katanya.

Selain itu, sebagai daerah yang strategis, Batam diharapkan mampu memberikan kepastian hukum dan jaminan berinvestasi bagi para investor.

“Batam memiliki dua instansi yang kewenangannya perlu disinergikan. Ada Pemko Batam dan BP Batam. Dua pintu birokrasi ini perlu diatur dengan baik,” katanya.

Asmin menyebut, keberadaan dua instansi yang sulit berkoordinasi akan menghambat program penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) maka ada beberapa keunggulan diantaranya daya tarik (competitive advantage), investasi asing meningkat cepat (Industri utama/besar), pertumbuhan industri atau jasa pendukung (multiplier-effect), pertumbuhan kegiatan ekonomi tidak langsung (spin-over-effect) serta peningkatan pasokan seperti hasil pertanian, peternakan, perikanan, bahan baku industri dan lain-lain dari sekitar Pulau Bintan.

“Kita berharap ikhtiar ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batam khususnya dan Kepri umumnya,” katanya.

suprapto

Read Previous

Bupati dan Wakil Bupati Karimun Dilantik Gubernur Kepri

Read Next

Mahasiswa Harus Siap Hadapi MEA