Polda Kepri Gelar Operasi Simpatik 2016

Polda Kepri Gelar Operasi Simpatik 2016

1360
0
SHARE

Batam, IsuKepri.com – Polda Kepri menggelar apel pasukan Operasi Simpatik tahun 2016 dan Launching Engku Putri Batara Biru Polda Kepri di lapangan Engku Putri Batam Centre, Selasa (1/3).

Dalam amanat apel gelar pasukan Operasi Simpatik Tahun 2016 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Drs. Badrodin Haiti yang dibacakan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH, dijelaskan, konsep rencana operasi simpatik tahun 2016 ini adalah optimalisasi penerapan kawasan tertib lalu lintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, rambu, parkir, serta pengguna jalan dalam rangka menciptakan KAMSELTIBCARLANTAS. 

Dengan sasaran :1. Pemangku lalu lintas dan angkutan jalan yang terkait dalam penyelenggaraan sistem lalu lintas jalan untuk melakukan tugas secara proposional dan terintergrasi. 2. Petugas penegak hukum secara konsisten untuk melaksanakan tugas penertiban dan penegakkan hukum serta pengawasan guna menciptakan kawasan yang tertib berlalu lintas (KTL).3. Masyarakat pengguna jalan wajib mentaati tertib berlalu lintas di penggal jalan tertentu yang telah di tetapkan sebagai kawasan tertib lalu lintas (KTL).4. Intesifkan kegiatan pengaturan, penjagaan dan patroli bersama para pemangku lalu lintas angkutan jalan, sesuai dengan karekteristik situasi dan kondusi kawasan tertib lalu lintas (KTL).

Adapun cara bertindak satgas operasi simpatik 2016 dengan melakukan kegiatan :1. Satgas deteksi dini, melaksanakan kegiatan intelijen berupa penyelidikan, pengamanan dan penggalangan yang mengawali, menyertai dan mengakhiri operasi serta membuat perkiraan intelijen (kirpat dan kirsus).2. Satgas preemtif, melaksanakan penerangan, bimbingan, penyuluhan, dan sosialisasi serta pendidikan lalu lintas kepada seluruh komponen masyarakat. 3. Satgas preventif, melaksanakan kegiatan pengaturan penjagaan serta pengawasan terhadap pengguna jalan untuk mencegah dan memperkecil peluang terjadinya pelanggaran yang dapat menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. 4. Satgas penegakkan hukum, melakukan pengawasan dan peneguran kepada anggota dilapangan yang melakukan pelanggaran serta melakukan peneguran terhadap para pelanggar pengguna jalan. 5. Satgas bantuan operasi, memberikan pelayanan kesehatan, sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan operasi.

Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. Sam Budigusdian, MH menambahkan tentang program unggulan Polda Kepri yang diberi nama “ Engku Putri Batara Biru” program ini muncul dari keinginan Polri khusus nya Polda Kepri beserta jajaran untuk menjawab tuntutan masyarakat tentang jaminan keamanan dalam menjalankan aktivitas kesehariannya. 

\”Program ini guna menghadirkan negara ditengah masyarakat, karena dengan program ini diharapkan pergelaran kekuatan Polri di seluruh ruang aktivitas masyarakat Kepulauan Riau, guna menjamin Masyarakat Kepulauan Riau dari ancaman kejahatan sekaligus menekan angka kriminalitas khusus nya kejahatan jalanan seperti Curat, Curas dan Curanmor Sejalan dengan Renstra Polri tahap III yaitu “ STRIVE FOR EXCELENCE” program ini tentunya diharapkan dapat meningkatkan realisasi dan pencapaian target yang sudah ditetapkan, disamping juga secara bersamaan dapat mendukung program pemerintah dan juga kebijakan “NAWA CITA” khusus nya terkait menghadikan Negara ditengah-tengah Masyarakat,\” tutupnya.(sm)

NO COMMENTS