900 Orang Bakal Lantunkan Ayat Al-Qur\’an di Karimun

Karimun, Isukepri.com – Sebanyak 900 orang masyarakat Karimun akan dilibatkan dalam kegiatan Nusantara Mengaji dengan khatam Qur”‘an 300.000 kali, yang diprakarsai oleh DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 7 Mei mendatang, sehingga DPC PKB Kabupaten Karimun pun menargetkan mengkhatamkan sebanyak 30 kali.

Koordinator kegiatan Nusantara Mengaji, Nyimas Novi Ujiani S.Ikom mengatakan, kegiatan tersebut mengacu kepada agenda dari DPP PKB bernama Nusantara Mengaji dengan target 300.000 kali khatam Al-Qur”‘an yang dilakukan serentak, mulai dari Sabang sampai Merauke.

“Untuk wilayah Provinsi Kepri kebagian 200 kali khatam Qur”‘an dan Kabupaten Karimun sendiri ditargetkan paling sedikti 30 kali khatam dan tenaga yang dibutuhakn sebanyak 900 orang itu sudah dipastikan ada. Sedangkan target maksimal adalah 50 kali khatam,” ujar Novi di kediamannya Kelurahan Parit Penut Kecamatan Meral, Minggu (17/4).

Untuk melaksanakan kegaitan tersebut, lokasi kegiatan dipusatkan di Masjid Agung Kabupaten Karimun, dengan waktu pelaksanaan setelah sholat isya berjamaah. Yang sebelumnya diawali dengan sholat magrib berjamaah lanjut kepada makan malam. Kemudian acara seremoni pembukaan Nusantara Mengaji yang direncanakan bakal dihadiri oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Waukil Gubernur Kepri Nurdin Basirun.

Kenapa kegiatan Nusantara Mengaji perlu dilaksanakan, Novi mengaku sebagaimana Ketua DPP PKB menjelaskan, bahwa negara kita saat ini sudah banyak diterpa masalah, baik itu bencana alam, krisis kepemimpinan, termasuk masalah narkoba dan kenakalan remaja yang semakin menjadi-jadi.

“Sehingga kita buatlah kegiatan ini dengan maksud agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan harapan agar negara kita ini makmur, tenteram dan pada intinya adalah kita bukan menargetkan pada khatam Al-Qur”‘an nya, tapi bagaimana aplikasi kehidpan kita sehari-hari menjadi gemar mengaji,” ujarnya.

Untuk memuluskan acara, Novi juga mengatakan seluruh keluarga besar PKB bersedia melepaskan pakaian kebanggaan partai sehingga kegiatan tersebut bukanlah semata dari partai besutan almarhum mantan Presuden Gusdur itu, melainkan kegiatan tersebut adalah milik semua umat Islam dan semua golongan.

“Sebagaimana dipesankan oleh Ketua DPC PKB Kabupaten Karimun, Sabari Basirun bahwa kita akan melepas embel-embel partai dan lebih mengedepankan atas nama umat Islam. Maka dari itu seluruh umat Islam tanpa terkecuali kami ajak dan mengundang bersama-sama mengikuti khatam Al-Qur”‘an dalam agenda Nusantara Mengaji,” lanjutnya.

Dari 900 orang yang dilibatkan, terdiri dari berbagai macam organisasi keagamaan. Mulai dari Muslimat NU, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), para pelajar tingkat SMA sederajat dan banyak lagi.

Novi menghimbau kepada masyarakat untuk dapat ikut serta baik perseorangan maupun perkelompok dan dapat mendaftarkan diri pada tiga posko yang telah ditentukan. Posko pendaftaran berada di Masjid Agung Kabupaten Karimun, sekretariat PMII di Lubuk Semut Kecamatan Karimun dan Sekretariat Muslimat NU di Jelutung Kecamatan Meral Barat. (gan)

Redaksi

Read Previous

Budaya Bukanlah Sekedar Seni dan Simbol

Read Next

Milad, PKS Luncurkan Mobil Layanan Masyarakat