Sang Merah Putih Peninggalan Kerajaan Mekongga

IsuKepri.Com – Bendera Murah Putih merupakan lambang negara Indonesia yang dikibarkan pada saat Ir. Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Hal ini kemudian ditegaskan dalam Pasal 35 Undang-undang Dasar NRI 1945 yang menyatakan bahwa Bendera Negara Indonesia adalah Sang Merah Putih.

Namun, pada kenyataannya sebagaimana yang dilansir di Kompas, Sang Merah Putih sudah dikibarkan sejak 400 tahun yang lalu sebelum kemerdekaan Indonesia oleh Kerajaan di Nusantara.

Seperti yang dikabarkan, salah satu peninggalan Raja Bokeo Ladumaa dari Kerajaan Mekongga, yang terletak di Kolaka Sulawesi Tenggara adalah bendera merah putih atau lebih dikenal dengan Sangia Nibandera yang kemudian dinamakan Bendera Sangia Nibandera.

Menurut sejarah, bendera tersebut berasal dari Kerajaan Luwu yang diserahkan oleh Datu Luwu Alimuddin Setia Raya kepada Sangia Nibandera karena ia ikut membantu Raja Luwu dalam perang melawan Kerajaan Suppa.

Sangia Nibandera sendiri berarti “raja yang memiliki bendera”. Julukan ini diberikan ketika Sang Raja lebih memilih bendera merah putih yang merupakan sebuah yang direbut dari pasukan Suppa saat membantu atu Luwu Alimuddin Setia Raya karena membantu Raja Luwu dalam perang melawan Kerajaan Suppa.

“Karena bantuan tersebut, maka Luwu dapat memenangkan peperangan melawan Suppa,” kata Hj Nurzaenab Lowa, yang merupakan keturunan Raja Mekongga dan kini diwasiatkan untuk menjaga bendera.

Bendera tersebut akhirnya menjadi bendera Kerajaan Mekongga sejak abad XVI atau sejak zaman pemerintahan Sangia Nibandera.

Uniknya, Bendera Merah Putih tersebut yang berukuran panjang 200 cm dan lebar sekitar 63 cm memiliki kalimat tauhid Islam dan beberapa lukisan lainnya. Karena sudah berusia ratusan tahun, kondisi bendera tersebut sudah lapuk dan berlubang dimana-mana sehingga ditambal oleh penerus keturunan kerajaan pada sekitar tahun 1960-an. (Kompas)

https://www.youtube.com/watch?v=GMHGhpi5sgA

Redaksi

Read Previous

Jelang PILWAKO, Regalia Istitute Siap Lakukan Survei

Read Next

Penghargaan Wahana Tata Nugraha Kado Awal Tahun Tanjungpinang