\”Unik Nan Ajaib\” Tangga Keramat Gading

Karimun, IsuKepri.Com – Kelurahan Gading Sari adalah salah satu kelurahan baru yang merupakan pemekaran dari keluarahan Tanjungbatu Kota. Salah satu hal yang menarik dari kelurahan ini selain banyaknya kebun durian, terdapat sebuah tempat keramat yang terletak di bukit di sekitaran Pantai Gading, Tanjungbatu, Kecamatan Kundur.

“Unik nan ajaib”, begitulah ungkap salah satu masyarakat Gading, Karyano untuk mendeskripsikan keramat yang sudah cukup lama berada di daerah tersebut. Keajaiban itu terdapat pada tangga di keramat, bahkan keunikanya ini dapat dikatakan hal yang ajaib.

“Jika kita naik ke atas keramat jumlah sekitar 60 anak tangga, turun dari tangga itu jumlahnya bisa mencapai 55 bahkan bisa lebih. Akan tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan keanehan tangga ini. Ada orang tertentu bisa merasakan keanehan tangga tersebut,” Ucap Karyano kepada IsuKepri.Com

Karyano menjelaskan bahwa keanehan ini sudah disadari oleh masyarakat sekitar sejak lama, bahkan mitosnya sudah ada turun temurun. Hal ini tentunya dimanfaatkan oleh masyrakat sebagai objek wisata, karena Keramat “‘Unik”‘ selalu dikunjungi warga baik warga Kundur bahkan diluar Kundur.

Untuk menuju lokasi, jarak yang ditempuh tidak begitu jauh dari pusat daerah yang dapat ditempuh mengunakan kendaraan pribadi. Akses yang diesiakan oleh pemerintah, sudah cukup mudah untuk dapat diakses oleh masyarakat umu.

Melihat kondisi keramat yang kian lama mulai hancur, maka masyarakat bersama-sama membagun dan memperbaiki sarana menuju keramat, termasuk dengan  emasang keramik pada tangga tersebut.

Untuk melestarikan benda bersejarah yang ada pada tangga itu. Warga memasang keramik pada tangga tersebut. Agar tangga ini tidak hilang ditelah zaman.

“Dahulu tangga ini tidak dikeramik. Namun mungkin untuk melestarikan keramat ini, warga memasangnya dengan keramik,” tambah Karyano. (red)

Redaksi

Read Previous

Bisnis Nasi Goreng Kernas Asbullah

Read Next

\’Kafabihi Wachid Artsite\’ Bisnis Lukisan Mahasiswa Tanjungpinang