Satelit Telkom 3S Siap Diluncurkan Besok

Satelit Telkom 3S Siap Diluncurkan Besok

534
0
SHARE

JAKARTA, ISUKEPRI.COM – Industri telekomunikasi Indonesia kini sedang disibukan dengan kehadiran satelit Telkom 3S yang siap diluncurkan ke orbit Bumi pada esok hari, Rabu (15/2) pada pukul 04.39 waktu Indonesia barat (WIB).

Peluncuran roket ini bakal dilakukan dari fasilitas peluncuran roket Guiana Space Center di kota Kourou, Guyana Prancis. Satelit terbaru milik Telkom ini telah berada di dalam roket Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncur satelit Arianespace Europe.

Telkom 3S merupakan satelit komunikasi geostasioner yang akan ditempatkan pada posisi di atas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi.

Sebagai negara kepulauan dengan keadaan geografis yang unik, yaitu ribuan pulau dan pegunungan, Indonesia sulit dijangkau oleh sistem komunikasi terrestrial juga kabel serat optik. Atas pertimbangan itu, perusahaan telekomunikasi mililk negara ini menjadikan sistem komunikasi satelit sebagai solusi untuk menjangkau segala area di Tanah Air.

Selain menjangkau seluruh wilayah Indonesia, satelit Telkom 3S juga menjangkau seluruh wilayah Asia Tenggara dan sebagian Asia Timur. Satelit Telkom 3S ini didesain untuk melayani siaran televisi berkualitas tinggi (High-Definition Television), layanan komunikasi seluler, serta broadband internet.

(sumber: Kumparan)