Seluruh Elemen Masyarakat Sepakati Pelaksanaan Program Karimun Bersih

Karimun, IsuKepri.Com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup, seluruh elemen masyarakat sepakati pelaksanaan Program Karimun Bersih. Kesepakatan yang tertuang dalam panca ikrar yang dibacakan oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Karimun Aprilal saat apel akbar di Coastal Area Tanjungbalai Karimun, Sabtu (4/2) pagi.

Ikrar program Karimun Bersih itu antara lain, mewujudkan Karimun bersih (Beriman, Sehat, Indah dan Harmonis). Menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman, dengan selalu bergotong royong. Tidak membuang sampah disembaran tempat. Selalu disiplin dan mematuhi aturan yang berlaku dan menciptakan kebersamaan dan rasa toleransi.

Apel akbar disejalankan dengan Gerakan Nasional Indonesia Bersih (GNIB) dalam rangka gotong royong massal di Kabupaten Karimun tahap II tahun 2017 dengan tema “‘Dengan Semangat Gotong Royong Mari Kita Wujudkan Karimun Bersih”‘.

“Apel akbar Karimun Bersih ini disejalankan dengan Gerakan Nasional Indonesia Bersih. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya. Sebagaimana kita ketahui, program ini tahun lalu sudah berjalan dengan baik, yang pada akhirnya bisa meraih piala Adipura Kirana,” ungkap Bupati Karimun, Aunur Rafiq.

Lebih lanjut, Aunur Rafiq menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan awal atua persiapan Kabuapaten Karimun sebagai tuan rumah dalam Bulan Bhakti Gotong Royong yang jatuh pada Mai 2017 mewakili Provinsi Kepulauan Riau.

“Kita patut berbangga bisa mendapatkan piala Adipura Kirana. Tapi, itu bukanlah target utama dari program Karimun Bersih ini. Saya hanya ingin menekankan kepada seluruh masyarakat Karimun agar mampu menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing,” tutur Rafiq.

Bupati Rafiq menyebut, menjaga kebersihan di Karimun bukan hanya tanggungjawab pemerintah semata, melainkan juga membutuhkan peranan semua lapisan masyarakat Karimun.
“Jika Karimun bersih, maka yang akan merasakan manfaatnya adalah masyarakat itu sendiri. Jika sudah bersih, maka fikiran juga akan tenang dalam menjalankan aktifitas sehari-hari,” Guraunya

Dalam kesempatan itu, Bupati Rafiq juga menunjuk koordinator di masing-masing zona untuk melaksanakan kegiatan Sabtu Bersih yang diatur berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Karimun No: 192 tahun 2017 tentang Penunjukkan dan Penanggungjawab Program Karimun Bersih.

Redaksi

Read Previous

Update Polling Cawako Tanjungpinang Versi Litbang IsuKepri

Read Next

Milad Ke 70, Akhirman Harap HMI Semakin Solid