SHARE

Tanjungpinang, IsuKepri.Com – Empat hari sejak dibukanya polling online, yang dikelola oleh Litbang IsuKepri, ternyata menyedot perhatian penguna internet. Dengan sistem one day one vote, pantauan IsuKepri pada Sabtu (4/2), polling diikuti oleh lebih dari 2.431 voter.

“Banyak voter yang mengikuti polling, untuk mendukung calon walikota pilihan mereka,” ujar Muhammad Asbullah, Litbang dan Kajian Strategis IsuKepri di Tanjungpinang.

Namun, dari beberapa pantauan media sosial, banyak yang mengomentari terkait sistem polling yang digunakan.

“One day one vote. Artinya, orang hanya dapat mengikuti vote sekali dalam sehari, dengan membaca browser dan IP Address. Setelah melakukan voting, maka voter dapat mengikuti lagi setelah 24 jam kemudian,” kata Asbullah.

Lebih lanjut, Asbullah mengatakan bahwa tidak ada manipulasi terkait hasil polling.

“Dari rekap data yang kita dapatkan, maka kita mengetahui kekuatan simpatisan calon walikota untuk Tanjungpinang, dan tidak ada manipulasi didalamnya,” katanya.

Dari data yang masuk, maka masyarakat dapat melihat bagaimana persaingan kekuatan cyber pasangan walikota Tanjungpinang kedepan. Karena bukan hal yang mudah, untuk mengarahkan pengguna internet untuk mengikuti polling.

Pantauan dilapangan, empat nama teratas gesit melakukan persaingan. Mereka adalah Rudy Chua, Ade Angga, Lis Darmansyah dan Ing Iskandarsyah.

Rudy Chua mengumpulkan 742 vote dengan persentasi 32%, Ade Angga 611 vote atau setara dengan 26%, Lis Darmansyah 517 vote atau 22% dan disusul oleh Ing Iskandarsyah dengan 387 vote atau 17%.

Sedangkan Dewi Kumalasari, Syahrul, Huznizar Hood, Maya Suryati, Boby Jayanto, Teddy Jun Askara dan Hardi S Hood, memperoleh vote dibawah 100.

“Kita akan terus memantau hasil polling, karena dari hasil ini kita dapat melihat kekuatan calon walikota nanti. Apalagi saat ini, sudah masuk keera digital, jadi pengaruh tim cyber sangat penting,” katanya. (*)