Wabup Anambas Ajak Stakeholder Beri Pemahaman Pancasila

Wabup Anambas Ajak Stakeholder Beri Pemahaman Pancasila

1026
0
SHARE

Tarempa, IsuKepri.com – Pemuda dan pelajar sebagai generasi muda bangsa harus memahami dan memaknai pancasila sebagai dasar negara yang mempersatukan Indonesia dari kemajemukan yang kompleks. Hal tersebut menjadi pokok penyampaian Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, saat memberi kata sambutan sekaligus membuka kegiatan diskusi kebangsaan yang di gelar Jaringan Pemuda Perbatasan (JPP) Kepri, Jumat (24/2) di Tarempa.

\”Persoalan besar bangsa hari ini adalah kurangnya pemahaman generasi muda mengenai pancasila sehingga tidak sedikit kita temukan penyimpangan yang bertentangan dengan nilai-nilai pancasila,\” katanya pada diskusi yang mengangkat tema \”Masyarakat Perbatasan, Garda Terdepan Penjaga NKRI\”.

Persoalan tersebut, lanjut Zuhendra, menjadi suatu pekerjaan rumah pemerintah bersama stakeholder terkait untuk memberikan pemahaman pancasila kepada generasi muda khususnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

\”Sebagai wilayah terdepan NKRI yang berbatasan dengan negara tetangga, tantangan dan ancaman tentunya sewaktu-waktu akan muncul di daerah kita. Untuk itu perlu ada peran bersama dari pemerintah dan stakeholder dalam upaya menjaga NKRI sesuai dengan kapasitas masing-masing,\” tegas Zuhendra.

Zuhendra menambahkan, menyiapkan generasi muda unggul dan berkompeten merupakan tanggungjawab kita bersama, sehingga SDM dimasa yang akan datang mampu menghadapi tantangan dimasanya.

\”Saya atas nama pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pegawai negeri, tenaga pendidik, serta keluarga untuk membantu memberikan pemahaman pancasila serta wawasan kebangsaan kepada generasi muda sejak dini,\” tutup Zuhendra sebelum membuka kegiatan diskusi.

Editor: Masirwan