SHARE

Bintan, ISUKepri.Com – Menjaga laut adalah tugas bersama, baik secara perorangan maupun kelompok. Hal ini disampaikan Dewi Kumalasari, Anggota DPRD Kepulauan Riau saat didaulat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi peran masyarakat dalam menjaga sumber daya kelautan dan perikanan, yang digagas oleh mahasiswa sosiologi Umrah, di desa Pengujan, Kecamatan Teluk Bintan, Jum’at ( 28/9 ).

“Nelayan baik perorangan maupun kelompok memiliki andil yang besar untuk menjaga ekosistem laut,” kata Dewi Kumalasari.

Semua pihak berkewajiban menjaga laut, apalagi Kepulauan Riau memiliki wilayah lautan yang sangat luat, dimana potensi laut baik hayati maupun non hayati perlu dijaga.

“Kepulauan Riau memiliki luas perairan yang sangat besar, hampir 96% adalah wilayah lautan. Laut Kepri menyimpan potensi keanekaragaman ikan serta menyimpan kekayaan migas yang besar,” katanya.

Kekayaan laut harus digunakan sebesar-besar untuk kesejahteraan masyarakat. Dewi juga menyebut bahwa ada beberapa permasalahan yang sering dihadapi terkait kondisi potensi kelautan, seperti ilegal fishing dan limbah laut.

Kepala jurusan fakultas Universitas Maritim Raja Ali Haji, Marisa Elsera mengatakan bahwa agenda sosialisasi adalah kegiatan tri darma perguruan tinggi.

“Kegiatan selama 3 hari ini, diharapkan mampu meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam bersosialisasi ditengah-tengah masyarakat,” katanya.

Selain Dewi Kumalasari, hadir juga perwakilan dari Dinas Kelautan Kabupaten Bintan. Neli Rosita, Sekdes Pengujan mengatakan bahwa masyarakat Pengujan perlu terus mendapatkan edukasi dari berbagai pihak, terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. (*)

SHARE