SHARE
Sesi Foto Bersama seluruh peserta pelatihan

Batam, Isukepri.com – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) senantiasa menjadi penggerak utama perekonomian bangsa sehingga harus dikembangkan agar menjadi lebih berdaya saing. Banyak produk UKM yang sulit untuk bersaing dipasaran dengan produk-produk branded.

Sebagian besar pelaku UKM masih menganggap peran kemasan belum terlalu penting dalam pemasaran sehingga produk mereka kurang memiliki nilai jual oleh konsumen. Selain itu, keterbatasan akses informasi dan pemahaman mengenai kemasan produk termasuk para pelaku UKM di Kepulauan Riau sangat rendah. Padahal, kemasan adalah hal pertama dalam proses membangun branding sebuah produk.

Oleh karenanya untuk mendongkrak kualitas dan penguatan kapasitas UKM, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau melalui Dinas Koperasi dan UKM mengadakan Pelatihan Pengembangan Kemasan Produk bagi Usaha Kecil Menengah yang bertujuan agar kemasan produk-produk yang dihasilkan lebih berkualitas.

Bertempat di Ballroom Batam City Hotel-Batam, kegiatan yang diselenggarakan pada 7-9 Mei 2018 lalu tersebut diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari koperasi dan UKM dan dibuka secara langsung oleh Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kepri Drs. Ridwan Hamta yang didamping Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Dra. Risna Sasmita,M.Si serta Kepala Seksi Fasilitasi Usaha Kecil Hj. Jasmiwati, S.Sos.

Dalam sambutannya, Hamta mengatakan ketertarikan konsumen akan suatu produk pada mulanya berasal dari kemasan. “yang dilihat konsumen pertama kali saat akan berbelanja adalah kemasan. Apabila kemasannya menarik, informasi tentang produk tersebut lengkap maka secara spontan konsumen akan tertarik membeli produk tersebut.” ujarnya.

Selain itu, ia mengharapkan agar Koperasi dan pelaku UKM untuk terus mengevaluasi dan berbenah mengingat tantangan pasar global masa yang akan datang akan semakin sulit. “Zaman semakin berkembang, maka diharapkan dari pelatihan ini peserta mampu mendorong kemajuan usaha masing-masing dimulai dari memahami standart dan kemasan serta label produk agar mampu bersaing secara nasional maupun internasional,” imbuhnya.

Kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Program Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2018 ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Koperasi RI, Packing House-Bandung serta Desaign Grafis dan Kemasan dari Dharma Bhakti Astr

a-Jakarta.(**)

SHARE