Pelatihan Pemasaran Online Bagi UKM Se-Provinsi Kepri

Pelatihan Pemasaran Online Bagi UKM Se-Provinsi Kepri

250
0
SHARE
Peserta Pelatihan berfoto bersama panitia dan narasumber

Batam, Isukepri.com – Kemajuan teknologi informasi dewasa ini melaju dengan pesatnya, Media sosial yang kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat, setiap individu kini harus meningkatkan pengetahuannya tentang IT, bagaimana tidak hal-hal sekecil apapun kini sudah masuk ranah digital, salah satunya dalam pemasaran.

Penggunaan internet dan gedget saat ini, memacu pergeseran pola pemasaran pada aspek industri bisnis global. Pemasaran menggunakan kekuatan internet berbasis android, menjadi cara baru para pelaku usaha yang jeli melihat paradigma calon konsumennya.

Di Kepulauan Riau terdapat UKM yang begitu banyak, namun hanya sebagian yang sudah mulai memasarkan pruduknya melalui layanan online dengan memanfaatkan media sosial. Untuk itu Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau mengadakan pelatihan pemasaran berbasis online bagi pelaku usahan kecil menengah.

Hal ini bertujuan agar para pelaku usaha dapat memperluas jangkauan pemasaran produk-produk yang dihasilkan dengan menggunakan android sehingga dapat meningkatkan nilai profit pada UKM masing-masing. Bertempat di Ballroom Hotel Batam City, Kota Batam kegiatan menghadirkan narasumber Shanty A. Devi dan Sherlyana dari www.blanja.com Jakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 25-27 Juli 2018 tersebut melibatkan 100 pelaku UKM se-Provinsi Kepri dan di buka oleh Kabid Pengawasan dan Pemeriksaan Dra. Risna Sasmita,M.Si yang didamping oleh Kepala Seksi Peningkatan Kualitas SDM Koperasi, Adhe Fajar Haerika,SE.

“Saat ini pemasaran secara online mulai banyak dilirik oleh pelaku usaha kecil di beberapa daerah di Indonesia. Tapi untuk di Kepri jumlahnya belum terlalu banyak. Untuk itu pemerintah daerah tentu perlu mendorong melalui kegiatan pelatihan,” kata Risna dalam sambutannya.

“Harapan kami dalam kegiatan ini adalah tidak berhenti pada pelatihan ini saja, melainkan para peserta dapat mengimbaskan pengetahuan yang di peroleh dalam kegiatan ini dan mengimplementasikannya bagi mengembangkan cara pemasaran dengan lebih baik ke depan,” tambahnya.

Shanty dalam paparannya mengungkapkan saat ini pengguna internet jumlahnya lebih dari 1 milyar orang sehingga pangsa pasar secara online patut diperhitungkan baik oleh pengusaha perorangan, UKM, maupun Enterprise.

“Melalui e-Marketing, perusahaan lokal dan kecil, dengan sumber daya yang terbatas, dapat melakukan pemasaran global dan menjadi besar. Bahkan beberapa perusahan internasional telah mengubah strategi pemasaran mereka menjadi online,” ungkapnya.

Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapatkan tanggapan positif dari para peserta yang terdiri dari pelaku usaha berbagai bidang. Diharapkan semakin banyak orang yang memahami strategi pemasaran online atau marketing online untuk bisnis dan usaha mereka maka semakin luas jaringan usaha yang dihasilkan bahkan mampu merambah hi

ngga pasar global.(**)