SHARE
Gubernur Kepri,Kadis Koperasi beseta Peserta Seminar berfoto bersama

Batam, Isukepri.com – Sebanyak 450 orang wirausaha pemula dan mahasiswa di Provinsi Kepri mengikuti Seminar Nasional Kewirausahaan Nasional Kepri Excellent Entrepreneur yang dilaksanakan di Hotel Harmoni One Batam yang dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kepulauan Riau, DR. Nurdin Basirun, M.Si yang didampingi beberapa pejabat teras dilingkungan pemerintah provinsi kepri.

Selain itu, kegiatan akbar yang digelar tanggal 4 hingga 6 Desember 2018 tersebut juga dihadiri Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Rulli Nuryanto, SE, M.Si serta Asisten Deputi Bidang Penelitian dan Pengkajian Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Christina Agustin, API, MM.

Hadir beberapa unsur sebagai pemateri diantaranya Riki Rionaldy, S.STP, M.Si seorang enterprenuer government dari Kabupaten Bintan, Mulyadi Tan, S.Kom, MM Pengusaha Muda Tanjungpinang dan kalangan akademisi Desiana Sari.

Dalam sambutannya, Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh peserta yang telah secara mandiri membantu mendorong kemajuan ekonomi di Kepulauan Riau.

“Pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau tidak semata-mata menjadi tanggungjawab pemerintah, melainkan kita semua. Dengan berwirausaha, maka masyarakat telah ikut berpartisipasi menumbuhkembangkan perekonomian menuju kemandirian daerah ini,” jelas Nurdin dalam sambutannya.

Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si memberikan sambutan
Gubernur Kepri, Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si memberikan sambutan

Dikatakannya, kegiatan seperti ini perlu terus digalakkan untuk memberikan wawasan sekaligus memotivasi masyarakat agar berani berwirausaha. Hal ini tentunya dapat membantu pemerintah daerah meminimalisir rasio pengangguran di usia produktif.

“Lapangan kerja yang tersedia terkadang tak sebanding jumlah pelamar. Maka manfaatkan kesempatan yang ada dengan berwirausaha dan tanamkan niat yang sungguh-sungguh. Pemerintah daerah akan terus berupaya membantu melalui program-program pemberdayaan untuk masyarakat,” katanya.

Pengalungan Tanda Peserta secara Simbolis Oleh Bapak Gubernur Kepri
Pengalungan Tanda Peserta secara Simbolis Oleh Bapak Gubernur Kepri

Sementara itu, salah seorang peserta menuturkan, dengan adanya kegiatan seminar ini membantu dirinya agar dapat memahami apa yang sebenarnya menjadi dasar seseorang untuk menjadi wirausahawan.

“Saya berpikir bahwa untuk memulai sebuah usaha harus ada modal dana. Namun, dengan adanya seminar ini, saya pribadi sudah mulai sadar bahwa tak selamanya dana menjadi hal yang utama,” ucap Adi

Adi menyadari bahwa hal yang utama adalah kemauan. Selain itu, perlu memahami apa konsep usaha yang akan dibangun dan  apa yang sedang urgen dalam masyarakat. “Agar usaha kita bisa berguna bagi pihak lain dan hasilnya dapat pula kita nikmati,” tutupnya.

SHARE