Wajarkah Bertanya Status Lamaran Kerja ke Pihak Perusahaan? | Lowongan Pekerjaan | Forum

Wajarkah Bertanya Status Lamaran Kerja ke Pihak Perusahaan? | Lowongan Pekerjaan | Forum



 
You must be logged in to post Login


Lost Your Password?

Search Forums:


 






Minimum search word length is 4 characters – Maximum search word length is 84 characters
Wildcard Usage:
*  matches any number of characters    %  matches exactly one character

Wajarkah Bertanya Status Lamaran Kerja ke Pihak Perusahaan?

UserPost

3:29 pm
April 22, 2015


aisiyu

kuta

New Member

posts 2

Jika saat ini Anda membutuhkan pekerjaan dan sudah mengirimkan sejumlah surat lamaran tentunya proses menunggu respon pihak perusahaan adalah hal yang menyiksa karena Anda tidak bisa berhenti berharap mengenai status lamaran kerja Anda tersebut, bukan? Anda akan menjadi bimbang dan penasaran sehingga berkeinginan untuk menanyakan langsung status lamaran kerja Anda ke pihak HRD perusahaan. Perasaan seperti ini sangat wajar namun sebelum Anda bertanya status lamaran kerja ke pihak HRD ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan karena biasanya pihak HRD perusahaan akan merasa terganggu jika setiap saat meladeni para pencari kerja yang kurang bijaksana menyikapi proses perekrutan.

Untuk memperjelas wajar tidaknya atau sopan tidaknya bertanya status lamaran kerja ke pihak HRD, di sini ada dua kondisi yang harus dipahami yaitu kondisi saat Anda sudah mengirim surat lamaran kerja dan kondisi saat Anda sudah mengikuti proses interview. Dua kondisi ini sekaligus bisa menjadi referensi cara menindaklanjuti lamaran pekerjaan.

Setelah mengirim surat lamaran kerja

Keadaan setelah mengirimkan surat lamaran membuat Anda penasaran untuk segera dipanggil interview, bukan? Namun Anda belum tahu kapan akan dihubungi dan kapan waktu interview. Sebaiknya tahan keinginan Anda untuk menghubungi pihak perusahaan karena bisa saja surat lamaran Anda masih di tangan pihak HRD dan sedang dibandingkan dengan surat lamaran lainnya dan ini membutuhkan waktu berminggu-minggu. Namun jika pihak perusahaan sudah mengecek lamaran Anda dan ingin bertemu Anda, pastinya Anda akan segera dihubungi.

Namun jika Anda sangat menginginkan posisi ini dan Anda merasa qualified maka sebaiknya Anda menunggu hingga dua minggu sebelum menghubungi pihak perusahaan untuk mengetahui status lamaran Anda. Anda cukup mengirimkan email dengan format sederhana seperti “Saya belum lama ini melamar untuk posisi ___ di perusahaan Anda, dan saya hanya ingin mengutarakan kembali ketertarikan saya untuk posisi tersebut. Saya yakin memenuhi kualifikasi untuk posisi tersebut dan saya sangat ingin membicarakan hal ini dengan Anda dalam sebuah pertemuan yang mungkin bisa Anda jadwalkan untuk saya.”

Sebagai catatan saat Anda mengirim email ini artinya Anda “mendesak” pihak perusahaan secara halus supaya lamaran Anda dipertimbangkan dan ini masih batasan wajar. Jika dalam waktu sebulan tidak ada balasan atau perusahaan tidak menghubungi Anda sebaiknya jangan berharap lagi dan Anda bisa mencoba melamar pekerjaan di perusahaan lainnya.

 

Setelah diwawancara

Biasanya proses rekrutmen setelah wawancara kerja membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan kondisi setelah mengirimkan surat lamaran. Kembali hal ini dikarenakan pertimbangan internal HRD serta prose pengurutan nilai dari seluruh pelamar yang sudah mengikuti tahapan wawancara sehingga Anda harus memakluminya. Namun terkadang perusahaan juga tidak memberikan kabar sama sekali setelah wawancara dan membiarkan para pelamar terus berharap dan keadaan seperti ini juga tidak menguntungkan Anda karena secara tidak langsung Anda sulit “move on” diakibatkan status diterima atau tidaknya Anda bekerja masih menggantung. Anda menjadi serba salah untuk mencoba melamar di tempat lain sementara di satu sisi Anda juga berharap dengan pekerjaan tersebut.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu kembali menghubungi pihak perusahaan bisa melalui email dan telepon. Anda dapat melakukan ini dalam waktu setidaknya dua pekan setelah jadwal interview Anda dilakukan. Jika Anda memutuskan untuk menghubungi pihak perusahan melalui email Anda bisa mananyakan langsung kelanjutan proses lamaran Anda dan jika melalui telepon Anda bisa langsung meminta dihubungkan dengan pihak HRD dan bertanya tentang status lamaran kerja Anda.

Jika pihak perusahaan menjawab bahwa hasil test Anda tersimpan dalam database dan sewaktu-waktu diperlukan Anda akan dipanggil lagi, itu artinya lamaran Anda tidak diproses lebih lanjut. Jawaban seperti ini biasanya merupakan penolakan secara halus jadi Anda tidak perlu berharap lagi dan kembali mencoba melamar kerja di tempat lain.


About the Isu Kepri.Com Forum

Forum Timezone: UTC 7

Most Users Ever Online: 57

Currently Online:
9 Guests

Currently Browsing this Topic:
1 Guest

Forum Stats:

Groups: 3
Forums: 36
Topics: 771
Posts: 1143

Membership:

There are 878 Members

There is 1 Admin
There are 2 Moderators

Top Posters:

adnina – 564
YaYa – 59
tekanenter – 43
seherbalcom – 41
handayani – 32
Andria Van Persie – 32

Recent New Members: RadenES, irgimnur, YaYa, Rizky Rizky, Mas Cay, arifin

Administrators: Admin Isu Kepri (3 Posts)

Moderators: Andria Gutama (133 Posts), suprapto (85 Posts)